Minggu, 29 Mei 2011

cara menyetel karburator

  Cara menyetel Karburator
Menyetel Karburator berati mengatur kecepatan putaran mesin pada saat langsam (stationer / idle) dan mengatur pencampuran  bahan bakar dengan udara.
Bila kecepatan  langsam disetel terlalu tinggi maka pemakaian bahan bakar akan boros, sedangkan bila disetel terlalu rendah maka mesin cenderung sering mati.

Penyetelan karburator harus dalam keadaan mesin hidup dan telah panas. Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut.
1.     Putarlah sekerup penahan skep (throttle) sehingga putaran mesin meninggi.
2.     Putarlah sekerup pengatur udara (air screw / pilot screw) kearah kanan hingga putaran mesin menurun.
3.     Putarlah kembali ke kiri agar putaran mesin naik kembali. (Berhentilah memutar saat putaran mesin agak naik.
4.     Dengan posisi sekerup seperti ini putaran mesin agak tinggi, maka untuk menurunkannya putarlah sekerup penahan skep ke arah kiri hingga putaran mesin pada kecepatan yang sesuai sengan spesifikasi.
Perhatikannlah gambar di bawah ini !



Gambar 5. Penyetelan Campuran/Sekerup Udara

PENYETELAN SEKERUP UDARA
Putar sekerup udara searah jarum jam sampau duduk dengan ringan kemudian putar balik sesai spesifikasi yang diberikan.
PEMBUKAAN SEKERUP UDARA :        1,5 putaran keluar

PERHATIAN


Jika sekerup udara dikencangkan dengan erat terhadap kedudukannya, akan terjadi kerusakan pada dudukan sekerup udara

Panaskan mesin sampai suhu operasi normal.
Pasang pengukur putaran (Tachometer)
Setel putaran staaioner (Idle) dengan sekerup Idle
PUTARAN STASIONER : 1.400 ± 100 rpm

Putar sekerup masuk keluar untuk memperoleh putaran mesin yang rata!
 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar